Mobil-mobil Terbaik 1997

Bicara tentang era 90's memang bisa dibilang nggak ada habisnya. Nah di rentang 90-an, adalah tahun 1997, yang banyak orang bilang merupakan tahun kejayaan otomotif roda empat. Karena pabrikan mobil saat itu belum terlalu mempertimbangkan efisiensi mobil, karena harga BBM masih relatif murah meriah.


Maka bermunculanlah mobil-mobil yang menjadi legend di berbagai benua. Nah, kita akan bicara di kawasan Asia saja. Karena kalau mau bicara global, maka akan muncul mobil-mobil yang mendapatkan predikat terbaik di 1997, yang kita tidak mengenalnya secara umum. Katakan saja Acura Integra dan Chrysler Cirrus yang dinobatkan sebagai mobil terbaik di benua Amerika. Belum lagi di Eropa. 


Maka di artikel ini kita batasi saja mobil-mobil terbaik di Asia, termasuk Asia Tenggara. Adapun pertimbangan penobatan 'terbaik' saat itu lebih kepada hal-hal berikut (referensi Tabloid Otomotif, Auto Depo, dan Harian Kompas):


1. Desain unik.

2. Suku cadang gampang dicari.

3. Nyaman dikendarai.

4. Berkesan mewah.

5. Harganya murah.


Lima hal tersebut wajib dipunyai oleh mobil-mobil keluaran 1997, dan inilah yang dinobatkan sebagai mobil terbaik di tahun tersebut. Mari kita simak bersama.


Kategori Sport Utility Vehicle (SUV):

1. Jeep Cherokee Limited (Dinobatkan untuk Asia)

Mobil ini dulu harganya sekitar Rp 120 juta. Bermesin 4.000cc dengan tenaga mesin yang diciptakan oleh 6 silinder pengumpul daya. Walau berkarakter mobil petualangan, tapi kenyamanannya mantap. Tapi jangan ditanya borosnya mobil ini kalau dipakai hari gini ya. 


2. Land Rover Defender (Dinobatkan untuk Asia)

Dengan tipe mesin V8 dan jumlah kapasitas sama dengan Cherokee yaitu 4.000cc, tapi jika dibanding-bandingkan, mobil adventurer ini memang masih kalah nyaman meski harganya semirip. Namun banyak pengguna mobil ini saat itu mengatakan bahwa handling-nya luar biasa. Turun naik gunung dengan handycap sulit pun, masih menyenangkan dikemudikan.





3. Opel Blazer (Dinobatkan untuk Asia Tenggara)

Seharusnya kapasitas mobil ini adalah 4.300cc dari sananya (Amerika Serikat). Harga gress saat itu adalah Rp 70 juta. Tapi ketika masuk Indonesia cc mobil ini jadi 2.200 dengan engine mounting Holden. Kelebihan mobil ini dari dua mobil di atas, adalah kenyamanannya. Saat itu banyak yang bilang SUV rasa sedan. Hanya saja, konsumsi BBM untuk Opel Blazer ini irit untuk jarak jauh, tapi boros untuk di dalam kota.


Kategori sedan umum:

1. Mazda Familia (Dinobatkan untuk Asia)

Selain kenyamanan dan kelincahan, mobil ini dinobatkan menjadi The Best Car 1997 lantaran handling-nya. Bahkan menurut review para pengguna dan penghobi mobil ini, walau sudah 25 tahun mengaspal, tetap kenyamanan dan kelincahan tiada duanya. Efisiensi BBM pun jadi pertimbangan, karena meski 1.800 cc tapi mobil ini relatif irit untuk dipakai di dalam maupun keluar kota.





2. Toyota Great Corolla (Dinobatkan untuk Asia Tenggara)

Ini bahkan masih menjadi legend bagi generasi sedan toyota di kelas 1.500 cc lantaran kenyamanan dan handling. Ada dua jenis kapasitas untuk mobil ini yaitu 1.300 dan 1.600 cc dengan harga baru saat itu sama seperti Mazda Familia yaitu Rp 53-55 juta. Namun yang kenyamanan Great Corolla banyak yang bilang hampir sama dengan kelas sedan Mercedez Benz dan inilah yang berhasil membawanya ke jajaran Best Car 1997.


3. Honda Civic Genio (Dinobatkan untuk Asia Tenggara)

Bukan hanya kenyamanan -yang memang pada peringkatnya masih di bawah dua mobil di atas, tapi Civic Genio juga menjadi Best Car 1997 lantaran agility (lincah dan gesit). Kemudian dari sisi tampilan, mobil ini paling futuristik ketimbang yang lain. Selain itu, Civic Genio juga lebih irit ketimbang Mazda Familia dan Great Corolla. 


Apakah Bro n Sis pernah memiliki salah satu dari mobil ini? 

Post a Comment

0 Comments

Ad Code

Berita
English
Snow
Storytelling
Tokoh
Bahari