Wah, Sudah Ada Ragam Pempek Berdasarkan Teritorial

Santapan tradisional Indonesia yang satu ini, yaitu Pempek Palembang sepertinya harus besar hati bila ke depannya, ada nama lain yang akan maju ke pasaran bursa kuliner tradisional. Ini bukan berarti hal tersebut harus diantisipasi sebagai kompetisi, melainkan harus dipandang dari sisi yang lain, sebagai pengaya ragam kuliner Nusantara.


Bagi yang sering melancong ke kawasan selatan Sumatera selain Palembang, yaitu Jambi, Bengkulu, dan Lampung, ketiga daerah tersebut kini sama-sama mengusung Pempek sebagai makanan cindermata di daerah mereka. Hal tersebut pun diakui oleh Kementerian Pertanian RI, dimana Pempek sudah meluas menjadi cinderamata yang bukan di kawasan Palembang saja khususnya, tapi sudah meluas. 

Pempek Lampung. Foto milik TribunNews.com


"Ada Pempek (khas) Lampung, Pempek Bengkulu, Pempek Jambi, dan kesemuanya mereka usung sebagai makanan cinderamata juga, seperti di Palembang. Ini menarik dan bagus sebagai penganekaragaman pangan," ungkap Kepala Sub Direktorat Penganekaragaman Pangan Kementan RI, Fitria Pusposari, usai berkunjung ke Bengkulu pekan lalu.


Tentunya, lanjut Fitria, tidak semua Pempek memiliki cita rasa yang sama. Di Lampung misalnya, Pempek yang disajikan memiliki perbedaan pada cuko atau kuahnya. Pempek Lampung memiliki cuko yang lebih kemerahan, pertanda cabai merah dominan di cuko tersebut. Sedangkan di Bengkulu, cuko lebih kental ketimbang yang lainnya. Lalu yang di Jambi, standar 'default' rasa cuko lebih pedas.


Nah bagaimana gaess? Ada yang senang dengan Pempek kah? Silakan berjalan-jalan di sekitaran Lampung hingga ke Jambi. Cobain deh rasa Pempek yang ada di setiap kawasan tersebut dan bersyukurlah bahwa Indonesia memiliki kekayaan kuliner yang luar biasa.

Post a Comment

0 Comments

Ad Code

Berita
English
Snow
Storytelling
Tokoh
Bahari